Kamis, 17 November 2011

DATABASE

A.      Pendahuluan
Disini akan dibahas tentang database. Dalam database terdapar hirarki data. Serta dibahas juga tentang pemrosessan dan penyimpanan sekunder.
B.      Pembahasan
1.       Hirarki Data
Hirarki data dalam dikelompokkan menjadi 3 (tiga) buah yaitu file, record dan elemen
Data.
a.       Elemen Data /  Field / Atribut adalah satuan data terkecil yang  tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna.
b.      Rekaman /  Record / Baris adalah  gabungan sejumlah elemen data yang saling
terkait.
c.       Berkas / File / Table  adalah kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang atribut / field sama, namun berbeda isi datanya
2.       Penyimpanan Sekunder
a.       SASD (penyimpanan berurutan)
Penyimpanan berurutan (sequential) adalah media penyimpanan untuk mengisikan catatan yang diatur dalam susunan tertentu
b.      DASD (penyimpanan akses langsung)
Penyimpanan akses langsung adalah alat penyimpanan dengan penyusunan dan pembacaan datanya langsung pada posisinya.
3.       Pemrosesan Data
a.       Pemrosesan Batch
Adalah pengolahan yang dilakukan dengan mengumpul transaksi dalam periode tertentu untuk membuat pemrosesan rapi atau sampai pertibangan lain seperti lingkaran laporan menunjukkan pemrosesan.
b.      Pemrosesan Online
Adalah pengolahan data yang dilakukan per transaksi, kadang saat transaksi terjadi.
c.       Pemrosesan Real Time
Sistem real-time adalah mekanisme pengontrolan, perekaman data, pemrosesan yang sangat cepat sehinga output yang dihasilkan dapat diterima dalam waktu yang relatif sama. Perbedaan dengan sistem on-line adalah satuan waktu yang digunakan real-time biasanya seperseratus atau seperseribu detik sedangkan on-line masih dalah skala detik atau bahkan kadang beberapa menit. Perbedaan lainnya, on-line biasanya hanya berinteraksi dengan pemakai, sedangkan real-time berinteraksi langsung dengan pemakai dan lingkungan yang dipetakan.
4.       Database
Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
a.       Era Permulaan Database
Istilah “database” berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal yang di luar bidang elektronika, artikel mengenai database komputer. Catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi danm kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.
b.      Konsep Database
Konsep dasar database adalah kumpulan dari catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database: ini dikenal sebagai database model atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel.
c.       Stuktur Database
1.       Struktur data berjenjang (hierarchical data structure)
Hubungan antara data membentuk suatu jenjang seperti pohon. Suatu pohon dibentuk dari beberapa elemen grup data yang berjenjang, disebut dengan node. Node yang paling atas atau level 1 disebut dengan root . tiap node dapat bercabang ke node lain. Satu node hanya mempunyai satu orang tua.
2.       Struktur data jaringan (network data structure)
Hubungan data sama dengan struktur hirarki, tetapi untuk setiap node bisa mempunyai lebih dari satu orang tua.
3.       Struktur data hubungan (relational data structure)
Data disusun dalam bentuk tabel dua dimensi yang terdiri dari kolom (field) dan baris (record). Hubungan antara record didasarkan pada nilai dari field kunci bukan berdasarkan alamat atau pointer di dalam record seperti pada strutur pohon dan jaringan.
d.      Keunggulan dan Kelemahan Database dan DBMS
Keuntungan :
1. mengurangi kerangkapan data
2. mengambil data dan informasi secara cepat
3. mengintegrasi data dari beberapa file
4. mencapai independensi data
5. meningkatkan keamanan data
Kelemahan:
1. konfigurasi perangkat keras yang besar
2. perangkat lunak yang mahal
3. mempertahankan staff Database Administrator
5.       Peranan Database dan DBMS dalam memecahkan Masala
Database terkomputerisasi maupun DBMS bukanlah prasyarat mutlak untuk pemecahan masalah. Namun, memberikan dasar-dasar penggunaan komputer sebagai suatu sistem informasi para spesialis informasi dan pemakai.
C.      Kesimpulan
Hirarki data dalam dikelompokkan menjadi 3 (tiga) buah yaitu file, record dan elemen
Data. Terdapat 2 tempat penyimpanan sekunder yaitu : SASD dan DASD. Pemrosesan data ada batch prossesing, online dan real time. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
D.      Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

mohon beri saran dan kritik untuk perubahan menjadi lebih baik