Kamis, 17 November 2011

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

A.      Pendahuluan
Pada bab ini akan membahad tentang aritektur komputer. Dalam arsitektur komputer akan mempelajari peralatan input, output, pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder. Serta akan membahas tenteng software. 
B.      Pembahasan
a.       Artsitektur komputer
Artsitektur komputer adalah impelementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Dalam arsitektur komputer terdapat beberapa bagian yaitu:
·         Peralatan input
Adalah suatu unit yang berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan. Alat input terbagi menjadi 2 yaitu:
a.       Alat input langsung
Adalah input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh :
1.       Mouse
Fungsinya untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click).
2.       Keyboard
Input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file. Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868.
3.       Scanner
alat yang berfungsi untuk mengcopy / menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memory komputer dengan bentuk gambar. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, tapi bedanya di scanner kita dapat memodifikasi file yang dicopy melalui monitor sebulum dicetak hasilnya.
4.       Light pen
Pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5.       Barcode
Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar daripada barcode.
b.      Alat input tidak langsung
Adalah input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh : harddisk, disket, pucked card dll
·         Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder
a.       Pemrosesan pusat berada pada CPU yang terdiri dari :
1.       Control Unit
Control Unit bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
2.       Arithmatic And Logical Unit
Arithmatic And Logical Unit bertugas melakukan semua perhitungan atitmatic dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
3.       Register
Register adalah tempat penyimpanan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk di proses dan di simpan di memori utama.
b.      Penyimpanan sekunder
Memory sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program secara permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk, hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain. Memory sekunder mempunyai karakteristik sebagai berikut.
1.       Sifat penyimpanan yang tetap ( persistent ), sehingga media penyimpanan sekunder perlu dipisahkan dari unit pengolah utama ( central prosessing unit/ CPU ) dan memory utama ( main memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke unit pengolah ( prosessor ) dan memory utama (main memory)
2.     Kemampuan untuk digunakan secara bersama-sama ( shareability ).
3.     Kemampuan untuk menyimpan sejumlah data, informasi, dan program.
·         Peralatan  output
Alat keluaran atau output devices merupakan piranti keluaran yang berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan data atau informasi dari komputer. Output device juga bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Contoh :
Monitor
Alat ini kita dapat melihat semua proses dalam computer, tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan intruksi dan melakukan analisis data serta melihat hasil kerja dari computer.
1.       Printer
Alat untuk mencetak hasil olah digital computer ke lembar kertas. Bahkan telah ada printer yang dapat mencetak obyek dalam wujud 3 dimensi (benda) bukan dalam lembaran kertas. Jadi hasil print-nya berupa miniatur obyek 3D yang dirancang dalam komputer.
2.       Speaker
Alat untuk keluaran suara dari computer. Perkembangan soundcard semakin memanjakan telinga kita dengan dukungan sistem audio speaker yang berkualitas.
b.      Software
Adalah sekumpulan data-data elektronik  yang  diatur oleh komputer berupa instruksi untuk menjalankan suatu program. Software tidak dapat disentuh atau dilihat fisiknya tetapi dapat dijalankan dengan komputer. Software yang baik dalam mendukung pemecahan masalah adalah kemudahan dalam menjalankan software dan meminimumkan kesalahan user. Software terbagi menjadi 2 yaitu :
·         Sistem operasi
Sistem operasi adalah sekumpulan rutin peralatan lunak yang berada di antara program aplikasi dan perangkat keras. Semua perangkat keras berjalan dibawah kendali sistem operasi, mengakses perangkat keras lewat sistem operasi, dan mengikuti aturan-aturan yang dijalankan oleh sistem operasi. Contoh : linux, windows, mac dll
·         Aplikasi
Software aplikasi atau software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Software aplikasi terdiri dari :
1. Bahasa pemrograman (programming language)
2. Program aplikasi (Application Program)
3. Program paket / paket aplikasi (packet program)
4. Program utilitas (utility program)
5. Games dan entertainment dan lain-lain
c.       Peranan peralatan input dan output serta sorfware dalam pemecahan masalah
Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).
C.      Kesimpulan
Dalam arsitektur komputer ada hardware, software dan brainware. Hardware adalah peralatan/perangkat keras yang digunakan untuk menginput dan mengoutput data serta memproses data tsb. Software adalah Adalah sekumpulan data-data elektronik  yang  diatur oleh komputer berupa instruksi untuk menjalankan suatu program. Brainware adalah orang yang mengunakan hardware dan software.
D.      Daftar Pustaka

0 komentar:

Posting Komentar

mohon beri saran dan kritik untuk perubahan menjadi lebih baik