Senin, 17 Oktober 2011

MODEL UMUM PERUSAHAAN

A.      PENDAHULUAN
Model adalah penyederhanaan (abstraction) dari sesuatu.  Model mewakili sejumlah objek atau aktivitas yang disebut dengan entitas (entity).  Manajer menggunakan model untuk memecahkan permasalahan. Model terdapat 4 macam jenis. Konsep dan kegunaannya dijelaskan pada pembahasan dibawah ini.

B.      PEMBAHASAN
a.       Pengertian Model
Model adalah penyederhanaan (abstraction) dari sesuatu.  Model mewakili sejumlah objek atau aktivitas yang disebut dengan entitas (entity).  Manajer menggunakan model untuk memecahkan permasalahan.
Terdapat empat jenis model dasar, yaitu :
1.       Model fisik,
Adalah penggambaran entitas dalam bentuk 3 dimensi. Model ini sering digunakan dalam dunia bisnis. Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh benda nyata.
2.       Model naratif,
Adalah penggambaran entitas secara lisan maupun tulisan.  Contoh model naratif adalah komunikasi bisnis, sehinggan model ini yang sangat populer. Namun jarang dikenal sebagai model.
3.       Model grafik,
Adalah penggambaran entitas dengan sejumlah garis, simbol dan bentuk.  Model grafik digunakan dalam bisnis untuk mengkomunikasikan informasi. Banyak laporan tahunan perusahaan kepada para pemegang saham berisikan grafik-grafik berwarna untuk menyampaikan kondisi keuangan perusahaan.  Grafik juga digunakan untuk mengkomunikasikan informasi kepada para manajer.
Model grafik juga digunakan dalam rancangan sistem informasi. Banyak peralatan yang digunakan oleh analisis sistem dan programmer yang bersifat grafik. Contohnya bagan arus (flowchart) dan diagram arus data (data flow diagram – DFD).
4.       Model matematika
Sebagian besar perhatian dalam pembuatan model bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Semua rumus atau persamaan matematika adalah suatu model matematika. Model matematika yang digunakan para manajer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang biasa digunakan dalam matematika.
Keunggulan model matematika adalah ketelitiannya dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek serta menyediakan kemampuan prediksi.  Matematika dapat menangani hubungan-hubungan yang berdimensi lebih banyak disbanding model grafik yang hanya dua dimenasi atau model fisik yang tiga dimensi. Bagi ahli matematika dan manajer yang menyadari kerumitan sistem bisnis, kemampuan multidimensional model matematik adalah modal yang berharga.

b.      Konsep dasar model sistem umum perusahaan
Konsep dasar model mengunakas sistem konseptual yaitu sistem terbuka dengan menjalankan operasinya sendiri. Pengendalianya dicapai dengan menggunakan lingkaran umpan balik yang menyediakan jalur sinyal dari sistem ke mekanisme lalu ke sistem lagi.
Contoh dari mekanisme pengendalian adalah manajemen perusahaan,yang menggunakan dimensi Informasi:
1.         Relevansi,
Informasi harus berkaitan langsung dengan masalah yang di hadapi.
2.         Akurasi,
Semakin tinggi persentasi ketelitian disitu juga nilai yang akan di dapat semakin baik.
3.         Kelengkapan,
Informasi yang menyajikan gambaran secara lengkap dari suatu masalah yang sangat dibutuhkan.

c.       Penggunaan model sistem perusahaan
1.       Mempermudah Pengertian,
Suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya disajikan dalam cara yang sederhana.
2.       Mempermudah Komunikasi,
Setelah problem solver mengerti entitasnya, pengertian itu sering pula dikomunikasikan pada orang lain.
3.       Memperkirakan Masa Depan,
Ketelitian dalam menggambarkan entitas membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan model-model jenis lain.

C.      KESIMPULAN
Model adalah penyederhanaan dari sesuatu. Model dasar terdapat 4 jenis yaitu model fisik, model naratif, model grafik, dan model matematika. Konsep model menggunakan sistem konseptual. Penggunaan model antaralain sebagai mempermudahkan pengertian dan komunikasi.

D.      DAFTAR PUSTAKA
http://zhiimon.blogspot.com/2009/11/model-sistem-umum-perusahaan.html

0 komentar:

Posting Komentar

mohon beri saran dan kritik untuk perubahan menjadi lebih baik