Rabu, 06 Oktober 2010

Definisi Manajemen Menurut Beberapa Ahli


1.   Dr. SP. Siagian
Dalam buku  “FILSAFAT ADMINISTRASI” management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilansuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain. Dengan demikian dapat pula dikatakan bahwa managemen merupakan inti daripada administrasi karena memang managemen merupakan alat pelaksanaan utama daripada administrasi.
2.   Ordway Tead
Disadur oleh DRS. HE. Rosyidi dalam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT”, defiinisi manajemen adalah proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi didalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan
3.   James A.F. Stonner
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasi, pengarahan, danpengawasan usaha-usaha para anggota organisasidan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan
4.   Horold Koontz dan Cyril O’donnel
Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
5.   Lawrence A. Appley
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain
6.   Drs. Oey Liang Lee
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,penyusunan,pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
7.   Lewis dkk
Mendefinisikan manajemen sebagai: “the process of administering and coordinating resources effectively and efficiently in an effort to achieve the goals of the organization.” Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha utk mencapai tujuan organisasi.
8.   Daft
Management is the attainment of organizational goals in an effective and efficient manner through planning organizing leading and controlling organizational resources”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dgn cara yg efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan pengawasan sumberdaya organisasi.
9.   Plunket dkk
Mendefinisikan manajemen sebagai “One or more managers individually and collectively setting and achieving goals by exercising related functions (planning organizing staffing leading and controlling) and coordinating various resources (information materials money and people)”. Pendapat tersebut kurang lbh mempunyai arti bahwa manajemen merupakan satu atau lbh manajer yg secara individu maupun bersama-sama menyusun dan mencapai tujuan organisasi dgn melakukan fungsi-fungsi terkait (perencanaan pengorgnisasian penyusunan staf pengarahan dan pengawasan) dan mengkoordinasi berbagai sumber daya (informasi material uang dan orang).
10. Hilman
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama
11. Ricky W. Griffin
Mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
12. Marry Parker Follet
      Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain

DAPAT DISIMPULKAN MENURUT SAYA BAHWA MANAJEMEN ADALAH PROSES PERENCANAAN, PENGORGANISASI KEGIATAN DENGAN MELALUI ORANG LAIN UNTUK MENCAPAI SUATU TUJUAN TERTENTU SERTA DILAKSANAKAN SECARA BERURUTAN BERJALAN KE ARAH SUATU TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN.

http://revolsirait.com/pengertian-manajemen
http://blog.re.or.id/definisi-manajemen.htm
http://putracenter.net/2008/11/21/definisi-manajemen-menurut-para-ahli/
http://www.scribd.com/doc/4994224/pengertian-manajemen

Posted on by lutfi chandra | 1 comment

1 komentar:

mohon beri saran dan kritik untuk perubahan menjadi lebih baik