Sabtu, 15 Oktober 2011

E-Commerce

A. Pendahuluan
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

B. Pembahasan                                                                                 
1. Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
a. Manfaat perdagangan melalui jaringan internet 
·         Memudahkan konsumen mencari produk yang ingin dibeli tanpa harus mencari ke toko
·         Bagi perusahaan dengan adanya e-commerce dapat menjangkau pasar lebih luas
·         E-commerce lebih efesien dan efektif

b. Kendala perdagangan melalui jaringan internet
·                  -         Belum tersedianya perangkat hukum
·                  -     Perpajakan
·                  -        Ketidakpastian mengenai kinerja kerja
·                  -    Keamanan (security) yang berkaitan dengan Internet

c. Jalan menuju perdagangan melalui jaringan intermet
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus.

2. Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan elektronik. Namun, strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). istilah lain adalah EDI, yang berarti penukaran data elektronik. Kedua istilah tersebut sering digunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu perbedaan, EDI dianggap subset dari IOS pertukaran data elektronik adalah cara untuk mencapai sistem antar-organisasi.

3. Sistem Antar Organisasi (IOS)
IOS (Interorganizational System/Sistem Antar-Organisasi), disebut juga system informasi antar-organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal; perusahaan tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat dari IOS yaitu ;
·                     -    Efisiensi Komparatif
Dengan bergabung Dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka
·                       -   Kekuatan Tawar-menawar
Kemampuan sutu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining power). Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar dengan menawarkan keistimewaan produk yang unik, dengan mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian, dan dengan meningkatkan biaya peralihan
·                    -    Keistimewaan Produk yang unik
Hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dalam bentuk pesanan yang lebih rendah, yang lebih cepat, dan waktu respon atas permintaan informasi yang lebih cepat
·                  -  Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
Dengan menjadi bagian suatu IOS, perusahaan dapat mengurangi biaya-biaya berbelanja yang dialami pelanggannya dalam mencari pemasok.
·                 -  Meningkatkan biaya peralihan
Suatu perusahaan ingin agar jika pelanggan beralih ke pesaing maka biayanya menjadi mahal. IOS mencapai manfaat ini dengan memberikan bagi pelanggan sumber daya informasi seperti perangkat keras.

4. Pertukaran Data Elektronik (EDI)
a. Hubungan EDI yang  umum
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set atau model transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur. EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.

b. Standar EDI
adalah format standar yang memungkinkan para mitra bisnis melakukan pertukaran data tetapi memerlukan suatu proses translasi data sebelum mengirin dan menerima data.

c. Tingkat penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
  • Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
  • Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
  •  Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
d. Manfaat EDI
·                  -    Mengurangi Kesalahan
·              -  Mengurangi biaya
·              -  Meningkatkan efisiensi operasional
·              -  Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
·                 -  Meningkatkan pelayanan pelanggan

5. Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi dalam e-commerce antara lain ;
·         Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi
·         Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
·         Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

C. Kesimpulan
E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet. Banyak keuntungan (manfaat) dari e-commerce yang dirasakan baik produsen maupun konsumen tetapi kendala masih menjadi masalah dalam e-commerce. Kendala tersebut tidak akan jadi masalah besar apabila mempunyai strategi yang baik. Dalam e-commerce ada yang dinamakan sistem antar organisasi dan pertukaran data elektronik. Teknologi yang digunakan adalah sambungan langsung, jaringan dan internet.

D. Daftar Pustaka
http://okecuy.wordpress.com/2011/01/05/e-commercesistem-antar-organisasi-pertukaran-data-elektronik-edi/

0 komentar:

Posting Komentar

mohon beri saran dan kritik untuk perubahan menjadi lebih baik